Timnas Belanda menang 2-1 di markas Irlandia di Dublin, pada kualifikasi Piala Eropa 2024, yang dimainkan pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Di tempat lain, Polandia menelan kekalahan untuk ketiga kalinya sepanjang kualifikasi Piala Eropa 2024 saat mereka dijamu Albania.

Pasukan Belanda yang dilatih Ronald Koeman berhasil bangkit dari ketinggalan saat melawan Irlandia, dan berkat kemenangan itu mereka bertahan di posisi kedua Grup B di bawah Prancis.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia - Skotlandia tumbangkan Spanyol

Belanda memiliki koleksi poin yang sama dengan tim peringkat ketiga Yunani. Yunani sendiri telah memainkan satu pertandingan lebih banyak dan menang besar 5-0 atas Gibraltar.

Belanda dikejutkan oleh gol Irlandia pada menit kelima, yang didapat melalui eksekusi penalti Adam Idah. Penalti itu diberikan wasit karena tangan Virgil van Dijk dinyatakan mengenai bola di kotak terlarang.
 


Namun momentum Irlandia meredup pada menit ke-19, ketika kesalahan Matt Doherty membuat Denzel Dumfries dijatuhkan kiper tuan rumah Gavin Bazunu di kotak terlarang.

Cody Gakpo menjadi eksekutor penalti Belanda, dan pemain Liverpool itu tidak membuang peluang untuk menyamakan kedudukan. Itu sekaligus menjadi gol kedua Gakpo pada jeda internasional kali ini.

Kiper Irlandia Bazunu melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Donyell Malen sebelum turun minum. Namun Belanda berbalik unggul pada menit ke-56 saat Wout Weghorst menyambut umpan sundulan Dumfries untuk dikonversi menjadi gol penentu kemenangan.

Irlandia gagal mengemas gol balasan, dan tetap menghuni peringkat keempat di klasemen grup. Mereka tertinggal enam poin dari Belanda dengan tiga pertandingan tersisa.

Baca juga: Piala Eropa - Belanda raih tiga poin perdana usai menang 3-0 atas Gibraltar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023