Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyelenggarakan sosialisasi katalog elektronik (e-katalog) lokal kepada pelaku UMKM di daerah itu untuk mendorong agar mereka dapat mengambil bagian dalam penyedia barang dan jasa melalui e-katalog. 

"Tentunya perlu adanya peran pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para pelaku UMKM agar dapat ambil bagian dalam penyedia barang dan jasa melalui e-katalog," kata Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan di Aceh Tengah, Kamis.

Menurutnya dengan penayangan produk UMKM daerah melalui e-katalog lokal nantinya diharap akan lebih memudahkan siapa saja mengakses dan melakukan transaksi pada e-katalog lokal Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Dia juga optimis nantinya produk UMKM lokal yang ditayangkan melalui e-katalog dapat bersaing bahkan menjadi pilihan akses lintas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah lainnya. 

"Penerapan e-katalog lokal ini adalah upaya pemerintah untuk memberdayakan pengusaha lokal dan mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, agar lebih menggunakan produk dalam negeri dan mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah," ujarnya. 

Lanjutnya pemerintah saat ini terus mendorong dan mengoptimalkan produk lokal daerah untuk berkembang dan mandiri serta dapat bersaing secara sehat dengan adanya e-katalog. 

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Aceh Tengah Anshry mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pelaku UMKM seputar bagaimana proses e-katalog lokal.

Dia menuturkan E-katalog Lokal dapat membantu proses pengadaan barang/jasa menjadi lebih mudah, cepat, dan lebih hemat anggaran serta dilaksanakan secara transparan, akuntabel, dan tercatat secara elektronik. 
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023