Atlet menembak Aceh meraih satu medali emas dan dan dua perak pada kejuaraan nasional (kejurnas) Gubernur DKI yang diikuti 906 atlet dari seluruh Indonesia

Ketua Harian Perbakin Aceh Tarmizi di Banda Aceh, Selasa, mengatakan kejurnas menembak berlangsung di lapangan tembak Perbakin Senayan dan lapangan tembak Denrudal 003 Cikupa, Jakarta, 10 hingga 17 September 2023.

"Pada kejuaraan tersebut, Aceh mengirimkan 12 atlet putra dan putri. Mereka merupakan atlet binaan yang tengah dipersiapkan untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumut," katanya.

Baca juga: Paralimpiade Tokyo, Bolo Triyanto terhenti di kualifikasi para-menembak R5 10 meter SH2

Tarmizi mengebutkan medali emas diraih tim pistol putri terdiri Derli Amalia Putri, Amara Syakirani Ma'ruf dan Cut Eka Maulidea. Mereka bermain di nomor 10 meter air pistol women team. 
 

Mereka berhasil mengumpulkan total nilai sebanyak 1.668, mengungguli tim dari Kalimantan Selatan dengan total nilai 1.641. Posisi ketiga ditempati tim Jawa Barat dengan skor 1.630.

“Kemudian satu medali perak juga dipersembahkan Derli Amalia Putri, pada nomor 10 meter air pistol women individu. Medali emas di nomor ini diraih Maria Bonay dari Papua dan medali perunggu untuk Eva Yulianti dari Jawa Timur,” kata Tarmizi.

Sedangkan medali perak kedua untuk tim Aceh dipersembahkan Irvan Lopes dari nomor trap men dengan nilai 102. Medali emas dan perunggu di nomor ini diraih oleh atlet Nusa Tenggara Barat dan DKI Jakarta.

Saat ini, kata Tarmizi, Perbakin Aceh terus melakukan pembinaan atlet, walaupun pemusatan latihan daerah KONI Aceh terhenti. Pelatda secara mandiri dengan mengirimkan 13 atlet berlatih di Jakarta. 

Selain itu, satu atlet Aceh atas nama M Badri Akbar juga dipercayakan oleh PB Perbakin bergabung dalam timnas Indonesia di ajang Asian Games 2023 di Huangzhou, Tiongkok. 

“M Badri Akbar merupakan atlet Perbakin Aceh yang tergabung dalam Pelatda KONI Aceh untuk persiapan menghadapi PON XXI tahun 2024. Kami berharap M Badri Akbar mampu berprestasi di Asian Games,” kata Tarmizi.

Baca juga: Atlet tembak Indonesia sabet perunggu kejuaraan dunia

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023