Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait dengan jadwal Liga 1 yang bertabrakan dengan jadwal Piala AFC U-23 di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Erick Thohir mengatakan sedang mendiskusikan opsi untuk memberhentikan liga sejenak ketika Piala AFC U-23 berlangsung, namun opsi tersebut masih dalam tahap diskusi karena Piala AFC U-23 bukan merupakan turnamen yang masuk ke dalam kalender resmi FIFA.

"Kita (PSSI dan PT LIB) cari solusi sama-sama tapi saya meminta kepada liga khususnya buat Piala AFC U-23 bulan April mendatang, saya memohon kepada liga berhenti sebentar. Liga sudah menyanggupi, klub-klub juga sudah menyanggupi sehingga ketika Piala U-23 di Qatar, para pemain terbaik bisa dipanggil. Tapi masih pusing (terkait opsi tersebut) karena memang turnamen tersebut tidak masuk ke dalam kalender FIFA," kata Erick Thohir seusai dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Piala Asia U-23 2024 bukan merupakan agenda FIFA dan terkait hal ini PSSI tidak ingin ada polemik yang sama seperti persoalan izin pemain dari klub-klub untuk memperkuat timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 akhir Agustus lalu.

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei tahun depan dan pada periode yang sama, Liga 1 musim 2023/2024, kompetisi yang mayoritas diikuti pemain timnas U-23 Indonesia, memasuki pekan-pekan terakhir babak reguler series dan menjelang dimulainya babak championship series.

Erick mengungkapkan masih belum memperoleh kepastian bisa diperkuat oleh sejumlah pemain-pemain timnas Indonesia U-23 yang bermain di Eropa.

"Pemain-pemain kita yang di Eropa masih belum memberikan jawaban bisa memperkuat (timnas U-23) atau tidak. Kita ketahui ada empat hingga lima pemain timnas U-23 yang bermain di Eropa," ungkap Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya setelah memastikan menjadi juara Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024.
 

Pewarta: Fajar Satriyo

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023