Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengingatkan kepada pelintas untuk lebih berhati-hati karena di Gunung Geurute terdapat dua titik rawan longsor.

"Di Gunung Geurute ada dua titik yang sangat rawan longsor batu saat hujan turun,” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya Fajri di Aceh Jaya, Selasa.

Kerawanan longsor tersebut diketahui setelah BPBK bersama Kapolsek Jaya meninjau lokasi. Oleh karena itu diimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, khususnya pengguna jalan lintas barat- selatan Aceh. 

Ia menyebutkan adapun titik yang sangat rawan terjadinya longsor tersebut yakni berada di pendakian arah Calang, dan di puncak gunung arah turun menuju Banda Aceh.

Sejauh ini, pihaknya sudah melaporkan kondisi tersebut kepada balai jalan dan disampaikan bahwa mereka selalu memantau kawasan tersebut saat hujan turun.

"Kita informasikan ini agar tidak ada korban jiwa, karena batu tersebut sudah mulai longgar,” ujarnya.

Fajri menyampaikan jika kondisi cuaca di Aceh Jaya sendiri saat ini sedang dalam musim penghujan, sehingga bencana yang tidak terduga juga sangat rawan datang, baik berupa longsor, banjir serta angin kencang.

“Selain di puncak Gunung Geurute, sejumlah titik lainnya sudah tertangani seperti Gunung Cuncrang Kecamatan Setia Bakti, dan juga beberapa titik lainnya. Harapan kita longsor tidak terjadi, sehingga perjalanan warga tidak terganggu,” demikian Fajri.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023