Seorang nelayan meninggal dunia setelah perahu motor yang biasa disebut boat oskadon yang ditumpanginya terbalik setelah dihantam ombak ketika mengalami kerusakan di perairan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. 

Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar di Aceh Timur, Kamis, mengatakan, korban meninggal dunia Said Azhar (41), asal Desa Kuala Leuge, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur. Sedangkan dua rekannya selamat dalam insiden tersebut.

"Korban meninggal dunia setelah tenggelam sekitar 15 mil laut dari pantai Peureulak. Dua rekannya yang selamat yakni Arkansyah, (28) warga Desa Kuala Bugak, Peureulak, dan Nazaruddi ( 27) warga Alue Bu Tunong, Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur," katanya.

Kapolsek menyebutkan kronologi kejadian berawal ketika boat oskadon atau perahu motor berukuran kecil ditumpangi tiga nelayan itu berangkat dari Kuala Bugak, mengantar logistik kapal yang kehabisan logistik di perairan Idi Rayeuk, Aceh Timur, Selasa (26/9) sekira pukul 08.00 WIB.

Setelah lima jam berlayar, tiba-tiba boat oskadon mengalami kerusakan mesin. Posisinya saat itu berada 15 mil laut dari Kuala Bugak. Ketiganya mencoba memperbaiki, namun mesin tetap tidak nyala, sehingga ketiganya terombang-ambing di laut lepas.

Di saat ketiga nelayan terombang-ambing dalam boat oskadon, melintas sebuah kapal katrol, Rabu (27/9) sekira pukul 12.00 WIB. Lalu, boat oskadon tersebut ditarik menuju Kuala Bugak. 

Akan tetapi, baru beberapa meter ditarik, boat oskadon dihantam ombak besar, sehingga terbalik dan ketiganya jatuh ke laut. Kemudian, awak kapal katrol berupaya menyelamatkan ketiganya. 

Setelah beberapa saat tenggelam, lalu ketiga nelayan boat oskadon muncul ke permukaan dengan bantuan jeriken. Ketika itu, tangan korban Said Azhar dipegang oleh rekan Arkansyah.

"Saat Arkansyah memanggil, korban Said Azhar hanya terdiam. Awalnya dianggap pingsan, ternyata setelah dinaikkan ke kapal katrol, korban sudah meninggal dunia," kata Muslim Siregar.

Sesampai di Kuala Bugak, jenazah dibawa pulang ke rumah duka. Pihak keluarga meminta tidak melakukan otopsi terhadap korban. Dari keterangan kedua rekannya, selama ini korban Said Azhar memiliki riwayat penyakit asma.

 "Personel Polsek ikut mengantar jenazah korban hingga selesai dikebumikan," kata Muslim Siregar.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023