Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga gabah kualitas Gabah Kering Panen (GKP) di Kabupaten Aceh Timur mencapai Rp7.300 per kilogram, dan menjadi harga tertinggi selama September 2023 dibanding daerah lain di provinsi berjulukan Tanah Rencong itu.

“Sedangkan harga GKP terendah di Kabupaten Nagan Raya Rp5.490 per kilogram,” kata Statistisi BPS Aceh Titiek Zurriyati di Banda Aceh, Senin.

BPS melakukan pemantauan harga gabah di Aceh beberapa daerah, meliputi Pidie, Pidie Jaya, Aceh Timur, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Barat Daya, dan Nagan Raya. Kata dia, observasi harga hanya mencakup kualitas GKP.

Baca juga: Beras jadi penyumbang tertinggi angka inflasi di Aceh pada September

Sepanjang September 2023, lanjut Titiek, BPS mencatat harga rata-rata GKP tingkat petani di provinsi paling barat Indonesia itu naik 4,22 persen dibandingkan bulan sebelumnya, sehingga menjadi Rp6.495 per kilogram.

Begitu juga, dengan harga rata-rata GKP di tingkat penggilingan yang terjadi kenaikan sebesar 4 persen sehingga menjadi Rp6.605 per kilogram.

“Harga gabah kualitas GKP ini meningkat disebabkan karena sedang masa tanam padi sehingga produksi gabah sedang menurun,” ujarnya.

Di samping itu, dia menambahkan, BPS juga mencatat kenaikan nilai tukar petani (NTP) di Aceh pada September 2023 sebesar 118,03 atau naik 2,31 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Hal ini disebabkan adanya kenaikan NTP pada sub sektor tanaman pangan, hortikultura, dan tanaman perkebunan rakyat,” ujarnya.

NTP diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib), yang merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat pertumbuhan daya beli petani.

Kata dia, indeks harga yang diterima petani pada September 2023 sebesar 135,10, dan angka ini mengalami kenaikan 2,85 persen dibanding periode sebelumnya.

“Komoditas yang menjadi penyumbang kenaikan indeks harga yang diterima petani adalah kopi, gabah, dan cabai rawit,” ujarnya.

Sedangkan indeks harga yang dibayar petani pada September 2023 sebesar 114,46, dan angka tersebut juga naik 0,52 persen dibanding bulan sebelumnya. 

“Komoditas penyumbang kenaikan harga yang dibayar petani adalah beras, rokok kretek filter dan cabai rawit,” ujarnya.

Baca juga: Harga Beras di Banda aceh Tembus Rp210.000 per sak

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023