Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur secara resmi meluncurkan Gampong Alue Nyamok, Kecamatan Birem Bayeun, sebagai desa wisata.

Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin melalui Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesra Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi di Aceh Timur, Kamis, mengatakan Gampong Alue Nyamok merupakan desa wisata pertama di Kabupaten Aceh Timur.

"Kami mengapresiasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh yang membina masyarakat Gampong Alue Nyamok dalam pembentukan desa wisata," katanya.

Syahrizal Fauzi menyampaikan kearifan lokal menjadi kunci sukses dalam masyarakat dalam mengembangkan desa wisata yang tetap memegang nilai luhur yang tertanam dalam keseharian masyarakat lokal.

Desa wisata dapat berkembang secara mandiri dan profesional dengan tetap memegang semangat kebersamaan khas  masyarakat desa. Konsep bergerak bersama menjadi spirit dalam pengembangan desa wisata ini

"Maka, pentingnya kolaborasi semua pihak dan pemangku kepentingan dalam pengembangan pariwisata yang berdampak positif kepada perekonomian masyarakat," kata Syahrizal.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Syahril mengatakan peluncuran desa wisata tersebut dikemas dengan bazar kuliner tradisional masyarakat setempat.

"Semua kuliner yang disajikan dalam peluncuran desa wisata ini semua hasil olahan warga Gampong Alue Nyamok. Serta bahan bakunya juga dari hasil alam setempat," kata Syahril.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023