Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepada daerah atau pilkada di ibu kota Provinsi Aceh menyejukkan karena berlangsung damai dan bermartabat.

"Kami mengapresiasi kepada pasangan calon dan semua elemen masyarakat yang telah berkomitmen mewujudkan pilkada damai. Dan terbukti pilkada di Kota Banda Aceh menyejukkan," kata Kombes Pol T Saladin, Jumat.

Pernyataan tersebut dikemukakan Kombes Pol T Saladin di sela-sela silaturahmi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota peserta pilkada di Mapolresta Banda Aceh.

Silaturahmi dihadiri dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022, yakni Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar serta pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin.

Pertemuan itu juga dihadiri Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh Munawar Syah serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dan partai politik pengusung pasangan calon.

Menurut Kombes Pol T Saladin, pilkada di Kota Banda Aceh berlangsung tanpa gejolak. Pasangan calon yang kalah menerimanya dengan ikhlas dan pasangan calon yang menang tidak euforia.

"Inilah kenapa kami katakan pilkada di Kota Banda Aceh menyejukkan. Kedua pasangan calon menerima hasil pilkada dengan ikhlas. Dan ini tidaklah mudah, kecuali mereka yang berbesar hati," ungkap Kombes Pol T Saladin.

Oleh karena itu, lanjut dia, kepolisian bersama TNI selaku pihak yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memberi apresiasi kepada pasangan calon yang mampu mengajak tim sukses, pendukungan, dan simpatisannya menerima hasil pilkada, baik kalah maupun menang.

"Kami mengajak masyarakat Kota Banda Aceh kembali bersatu setelah pilkada. Dan mari bersama-sama mendukung pasangan calon terpilih Aminullah Usman dan Zainal Arifin," ajak Kombes Pol T Saladin.

Senada juga dikemukakan Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Mahesa Fitriadi. Ia mengatakan kedua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh mampu membuktikan komitmen mereka mewujudkan pilkada damai.

"Masyarakat Kota Banda Aceh telah membuktikan mampu melaksanakan pilkada damai. Buktinya, tidak ada riak-riak yang mengganggu jalannya pilkada. Terima kasih kepada masyarakat Kota Banda Aceh dan pasangan calon," kata Kolonel Inf Mahesa Fitriadi.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017