Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur menerima pengiriman logistik berupa 5.008 bilik suara untuk Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Ketua KIP Aceh Timur Sofyan di Aceh Timur, Selasa, mengatakan bilik suara tersebut nantinya didistribusikan ke 1.252 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 513 desa dan 24 kecamatan di kabupaten tersebut.

"Sebelum disalurkan, kami akan memeriksa apakah ada kerusakan maupun kekurangan. Jika ada yang rusak maupun kurang, segera kami sampaikan untuk dikirim bilik pengganti," kata Sofyan

Ia mengatakan ribuan bilik suara tersebut dikirim KPU RI dari percetakan di Medan, Sumatera Utara. Nantinya, logistik pemilu tersebut dibagikan ke setiap tempat pemungutan suara, masing-masing empat bilik suara.

Sedangkan logistik pemilu lainnya, kata Sofyan akan dikirim secara bertahap seperti kotak suara, dan lainnya. Pengiriman logistik pemilu berikutnya akan tiba di KIP Aceh Timur dalam waktu dekat ini.

"Sementara, untuk surat suara serta keperluan pemungutan suara lainnya akan dikirim menjelang hari pencoblosan. Semua logistik ini kami distribusikan ke setiap Kecamatan beberapa hari menjelang hari pencoblosan," kata Sofyan

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023