Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/Kota Banda Aceh (KBA) menanam bibit pohon mangrove di pesisir pantai Syiah Kuala, Kota Banda Aceh dalam upaya Dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem pesisir.

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan bagian dari komitmen Kodim 0101/KBA dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan serta menjaga keseimbangan ekosistem pesisir,” kata Kasdim 0101/KBA Letkol Arh Sugi Hantoro di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan mangrove memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga pantai dari erosi, memperlambat intrusi air laut, serta menyediakan habitat bagi berbagai jenis fauna laut.

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini juga wujud nyata dari perhatian kami terhadap lingkungan dan keberlanjutan ekosistem pesisir di wilayah Banda Aceh,” katanya.

Baca juga: Polres Pidie tanam 1.500 mangrove untuk melindungi pantai dari abrasi

Pihaknya berharap dengan penanaman bibit mangrove tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pesisir.

“Kegiatan ini juga menjadi langkah konkret dalam menjawab tantangan perubahan iklim serta melestarikan keanekaragaman hayati di wilayah pesisir,” katanya.

Camat Syiah Kuala T M Syukri memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap inisiatif kegiatan menjaga lingkungan tersebut karena dapat memperkuat perlindungan ekosistem pesisir yang vital.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Kodim 0101/KBA dan masyarakat setempat yang ikut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Semoga kegiatan ini akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam menjaga dan melestarikan alam,” katanya.

Baca juga: Polres Pidie Jaya tanam mangrove cegah abrasi dan perubahan iklim

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023