Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melalui Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas mengukuhkan lima guru besar dari berbagai bidang keilmuan di perguruan tinggi tersebut.

“Alhamdulillah laju pertumbuhan jumlah profesor di USK terus berkembang cukup menggembirakan. Di mana pada tahun ini USK sudah mengukuhkan 30 guru besar,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pengukuhan lima guru besar oleh Ketua Senat Akademik Universitas (SAU), Prof Dr Abubakar di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Ia menyebutkan dengan pengukuhan tersebut jumlah guru besar di kampus “Jantong Hatee” rakyat Aceh itu sebanyak 165 orang atau berada di angka 8,9 persen dari jumlah dosen secara keseluruhan yaitu 1.840 dosen.

Menurut dia jumlah guru besar yang ada di USK saat ini naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah profesor yang dikukuhkan pada tahun 2020.

Adapun lima profesor yang dikukuhkan tersebut adalah Prof Dr Mailizar, S.Pd., M.Ed, Prof Dr Devianti, S.TP., M.P, Prof Dr Muksin, S.Si., M.Si., M.Phil, Prof Dr Rizanizarli, S.H., M.H, dan Prof Dr Abd. Jamal, S.E., M.Si.

“Kami sangat optimis pertumbuhan profesor USK akan terus meningkat, karena masih banyak menjabat lektor kepala dan mereka bisa segera mencapai jabatan fungsional tertingginya dalam waktu dekat,” katanya.

Ia berharap para profesor di USK, termasuk lima profesor yang dikukuhkan mampu mengangkat martabat kampus ini, Aceh, dan Indonesia di pentas dunia melalui kepakaran mereka masing-masing.

 

Baca juga: UIN Ar-Raniry Banda Aceh tambah dua guru besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023