Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie, Aceh, menerima logistik berupa 7.076 kotak suara dari KPU RI yang akan ditempatkan pada 1.406 tempat pemungutan suara (TPS) untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Logistik kotak suara baru saja kami terima dengan total paket 1.415 ikat dari lima kotak suara per paket yang dicetak di Jawa timur," kata Sekretaris KIP Pidie Razali di Pidie, Rabu. 

Pantauan ANTARA, sejumlah kotak suara tersebut diangkut menggunakan tiga truk dari Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Logistik pemilu tersebut disimpan di gudang penyimpanan logistik di Tijue Kecamatan Pidie. 

Razali mengatakan, per TPS dari 730 gampong di Pidie nantinya ditempatkan masing-masing sebanyak lima kotak suara. 

“Total kebutuhan kotak suara ada 7.030, sisanya sebanyak 46 kotak suara didistribusikan ke 23 kecamatan, sebanyak dua kotak per kecamatan,” ujarnya.

Selain itu, logistik lain yang diterima KIP Pidie dari KPU RI adalah 135.964 keping segel kertas dan 5.624 kardus bilik suara, kini semua logistik itu disimpan di gudang logistik KIP Pidie.

"Ke depan logistik lain akan menyusul pada Desember 2023 hingga Januari 2024 di antaranya formulir, dan sampul," katanya.

Kemudian, lanjut Razali, gudang yang disewakan untuk penyimpanan logistik tersebut sudah dipastikan aman, hanya saja dikhawatirkan ketika angin kencang atap nya bisa bocor. 

“Kejadian alam tidak bisa kita prediksikan, tetapi semua logistik kemungkinan dipusatkan disini, supaya kita mudah mengontrolnya,” demikian Razali. 

 

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023