Kontingen Kabupaten Aceh Tengah resmi diberangkatkan menuju tempat pelaksanaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 di Kota Banda Aceh, yang dilepas langsung oleh Sekda Aceh Tengah Subhandhy di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Jumat. 

"Jaga nama baik sekaligus harumkan juga nama Kabupaten Aceh Tengah, mengingat daerah kita sudah tiga kali secara berturut-turut menjadi juara umum dalam PKA," kata Subhandhy. 

Dia juga berpesan agar Kontingen Aceh Tengah dapat menampilkan yang terbaik pada ajang tersebut hingga dapat kembali meraih juara umum. 

Selain itu, kata dia, ajang tersebut juga harus dimanfaatkan untuk dapat mengenalkan atau mempromosikan kebudayaan Gayo agar lebih dikenal luas lagi. 

Lanjutnya, ajang PKA juga merupakan wadah untuk mendedikasikan diri dalam upaya mengangkat kebudayaan Gayo dan memperkuat identitas dan jati diri kebudayaan. 

"Kami ingatkan kepada seluruh tim pelaksana untuk memantau dan menjaga seluruh pelaksanaan kegiatan PKA kali ini, mulai keberangkatan ini sampai selesai kegiatan nantinya," ujarnya, berpesan. 

Dalam hal ini, Kontingen PKA Aceh Tengah memberangkatkan sebanyak 189 orang terdiri dari 139 peserta dan 50 orang tim pelaksana. 

Kontingen Aceh Tengah akan menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan antara lain pawai kebudayaan, pameran ekonomi daerah, berbagai lomba permainan rakyat, pertunjukan dan perlombaan seni, festival busana, dan festival seni.

Baca juga: Trans Koetaradja siapkan shuttle bus untuk pengunjung PKA

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023