Pj Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani menyatakan ayah menjadi salah satu sosok yang ikut berperan untuk penurunan stunting di setiap kawasan.

"Salah satu hasil riset mengatakan bahwa ayah yang sering makan bersama dengan anaknya ikut berperan untuk meningkatkan berat badan anak sehingga tidak masuk kategori stunting," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan lewat Kelompok Kerja II PKK Kabupaten Aceh Besar terus meningkatkan pemahaman orang tua khususnya ayah dalam terlibat langsung untuk memantau tumbuh kembang anak.

Baca: Kemenkeu RI Perwakilan Aceh inisiasi program penanganan stunting

Ia mengatakan salah satu program yang sudah dijalankan lewat Pokja II adalah ayah hebat ayah bercerita yang telah dilaksanakan di Gampong/desa Neuheun dalam upaya menumbuhkan peran ayah dalam mengasuh dan mendidik anak di rumah.

"Kita berharap ayah bercerita ini dapat dilakukan, karena lewat cerita dogeng atau sejarah sosok ayak bisa menyisipkan pesan moral dan nilai-nilai baik dalam kehidupan anak," katanya.

Ia juga berharap dengan berbagai program penurunan stunting yang terus dilakukan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan hingga gampong/desa prevalensi angka stunting dapat ditekan.

Baca: Direktur: Pasien terindikasi stunting bisa dirujuk ke RSUD

Ia menyebutkan saat ini angka stunting di Kabupaten Aceh Besar sebesar 13,5 persen dan pada hasil survei kesehatan Indonesia (SKI) yang akan diterbitkan pada November 2023 dapat lebih rendah.

"Kita berharap hasil SKI yang akan diterbitkan dalam bulan ini persentase stunting Aceh Besar lebih rendah lagi," katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023