Meulaboh (ANTARA Aceh) - Para seniman muda di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menunjukan kebolehannya di pentas perlombaan seni Rapa'I yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh.

Kepala Bagian Humas STAIN TDM, Mukhsinuddin, SAg MM di Meulaboh, Sabtu, mengatakan, kegiatan perlombaan seni tradisional Aceh tersebut diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selama tiga hari di kampus tersebut.

"Salah satu tujuan acara ini dilakukan BEM STAIN adalah dalam upaya melestarikan kebudayaan di Aceh khususnya Aceh Barat dan sekaligus mempromosikan keberadaan kampus kepada masyarakat luas," sebutnya.

Dijelaskan, bahwa perlombaan tersebut juga merupakan bagian dari sejumlah rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat mahasiswa yang dirangkaikan dengan lomba seni yang dimulai sejak 7-10 Maret 2017.

Dewan juri yang juga mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Mirza Yusri menyampaikan, peserta yang tampil menunjukkan kebolehannya itu memiliki bakat yang sangat bagus untuk dikembangkan setingkat mereka pelajar SMA dan sederajat.

"Walau ada keragu-raguan, tapi masih dalam kewajaran.  Syair yang dilantunkan mereka juga terdengar tegas dan terlihat mereka sangat terlatih. Mereka itu semua adek-adek kita di SMA yang telah dilatih gurunya," sebutnya.

Melalui kegiatan pargelaran seni demikian diharapkan juga semakin meningkatkan citra positif perguruan tinggi dalam pelestarian budaya Aceh yang kental dengan nilai-nilai relegi, disamping juga menjadi wahana hiburan sehat dan beretika.

Apalagi dalam setiap sajak nazam yang disampaikan dalam penampilan Rapai itu memberikan pesan-pesan dakwah, terutama tentang ajaran agama Islam, aqidah dan mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dalam penyampaian sebuah pesan.

Salah seorang peserta Rapa'i perwakilan dari SMA Negeri 3 Meulaboh, Mutafa Haqqi, menyampaikan, dirinya sangat percaya diri dan merasa yakin saat tampil bersama rekan-rekan satu grup yang menunjukkan hasilkan sebuah kerjasama yang baik.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017