Kontingen Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyajikan aneka jenis masakan di atas Batu Giok Aceh pada lomba kuliner tradisi dan kreasi berlangsung di Pasar Kuliner arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 8, Taman Sulthanah Shafiatuddin, Banda Aceh.

“Sajian kuliner di atas batu giok ini sebagai upaya mengenalkan UMKM kuliner Nagan Raya ke masyarakat secara luas,” kata Penanggung jawab kontingen Nagan Raya, Sherly Maida dalam keterangannya diterima di Suka Makmue, Ahad.

Ada pun menu kuliner tradisional yang disajikan antara lain kuliner tradisi Kopi Susu Meulisan dan Sambal (lalapan) Jruek Drien.

Sedangkan kuliner kreasi diantaranya Pastry Ikan Lele, Daging Selimut Rebung, serta Roti Cane Isi Saus Telur Asin.

Selanjutnya, kuliner Dugem Klapertart Durian Glem, Bamboo Sie Ue Neulhee serta Pizza Roll Sunti.

"Semua jenis makanan yang telah dimasak kita sajikan diatas Batu Giok yang merupakan ikon Kabupaten Nagan Raya," kata Sherly yang juga Pj Ketua TP PKK Nagan Raya. 

Ia menjelaskan, lomba kuliner tradisi dan kreasi berbahan daging dan ikan serta didominasi bumbu rempah tersebut, merupakanhasil kreasi dari eksplorasi kuliner tradisional.

Sedangkan tim juru masak dari Kabupaten Nagan Raya terdiri dari Ega Linda Pransiska, Nurfitri dan Nuraini. 

Ia berharap melalui ajang perlombaan ini, dapat memberi ide kreatif bagi ibu-ibu dalam mengolah daging dan ikan sebagai menu masakan di rumah tangga masing-masing, demikian Sherly.

Baca juga: Aceh Selatan kembali raih juara umum PKA

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023