Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Pertanian memastikan persediaan dan distribusi pupuk subsidi bagi kalangan petani di kabupaten tersebut pada 2023 berjalan lancar.

"Persediaan maupun distribusi pupuk subsidi di Kabupaten Aceh Selatan pada tahun ini berjalan lancar. Sejauh ini, tidak ada kendala maupun keluhan kalangan petani," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan Nyaklah di Aceh Selatan, Senin.

Nyaklah menyebutkan kuota pupuk subsidi jenis urea untuk petani Kabupaten Aceh Selatan pada 2023 sebanyak 5,68 juta ton lebih. Sedangkan realisasi penyalurannya Oktober 2023 mencapai 3,13 juta ton lebih.

Sedangkan kuota pupuk subsidi jenis NPK sebanyak 4,41 juta ton dengan realisasi sejak Januari hingga Oktober 2023 mencapai 2,8 juta ton lebih, kata Nyaklah.

"Kami optimis penyaluran pupuk subsidi, baik urea maupun NPK bisa terealisasi 100 persen pada tahun ini, mengingat sebagian petani sudah memasuki musim tanam," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan itu mengatakan jumlah petani yang menerima pupuk subsidi di kabupaten pesisir barat selatan Provinsi Aceh itu sebanyak 18.569 orang.

"Para petani penerimaan pupuk subsidi tersebut terlampir dalam e-alokasi 2022. Sedangkan penyalurannya dilakukan bertahap sesuai alokasi dan kebutuhan," kata Nyaklah.

Selain itu, Nyaklah menyebutkan luas areal persawahan di Kabupaten Aceh Selatan mencapai 7.461 hektare dengan produktivitas padi mencapai 5,6 ton per hektare.

"Kami terus meningkatkan jumlah areal persawahan serta produktivitasnya, sehingga bisa mewujudkan program ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Selatan," kata Nyaklah.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023