Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan menyatakan sepanjang tahun 2023 kampus "jantong hatee" rakyat Aceh itu telah mengukuhkan sebanyak 40 guru besar dari berbagai bidang ilmu.

"Alhamdulillah laju pertumbuhan Profesor di USK dalam beberapa tahun terakhir sangat menggembirakan yakni mencapai 40 orang termasuk yang dikukuhkan hari ini lima orang," kata Prof Marwan di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaaikannya di sela-sela Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas pengukuhan lima guru besar yang dipimpin Ketua Senat Akademik Universitas Prof. Dr. Abubakar. 

Adapun mereka yang dikukuhkan pakar kimia Prof. Dr. Eka Safitri, S.Si., M.Si , pakar Statistika Prof. Dr. Zurnila Marli Kesuma, S.Si., M.Si, pakar pemasaran Prof. Dr. Hafasnuddin, SE., MBA, pakar Ekonomi Makro Prof. Dr. Nazamuddin, SE., MA dan pakar Ilmu Manufaktur Prof. Dr. Muhammad Rizal, ST., M.Sc.

Ia menjelaskan dengan pengukuhan tersebut jumlah profesor di USK saat ini sebanyak 168 orang atau 9,5 persen dari jumlah dosen secara keseluruhan. Jumlah tersebut naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya.

"Kita optimistis laju pertumbuhan profesor USK akan terus meningkat karena saat ini sudah ada 23 usulan profesor baru yang sedang menunggu keputusan dari Kementerian dan jumlah dosen USK yang berstatus Lektor Kepala berjumlah 432 orang.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga mengatakan kualitas peneliti atau profesor USK patut dibanggakan karena kepakaran mereka tidak hanya diakui di tingkat nasional tapi juga global.

"Ada tiga dosen USK masuk dalam jajaran 100 peneliti berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford. Mereka adalah dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis, Prof. Dr. Mudatsir, M. Kes dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc," katanya.

Ia menambahkan kualitas riset dan inovasi peneliti USK juga berhasil meningkatkan reputasi USK di tingkat dunia yang ditujukan pada hasil pemeringkatan dari  Times Higher Education"s (THE) World University Rankings, yang menempatkan USK dalam jajaran 1.500 kampus terbaik dunia.

"Kami berharap profesor USK termasuk yang dikukuhkan hari ini, mampu mengangkat martabat kampus ini, Aceh, Indonesia di pentas dunia melalui kepakaran mereka masing-masing," demikian Rektor.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023