Korem 011/Lilawangsa menanam sebanyak 2.900 batang pohon dengan berbagai jenis pada momentum memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan berbagai pohon yang ditanam tersebut bermanfaat untuk alam dan masyarakat. Penanaman dilakukan secara terpusat di seluruh Indonesia, termasuk kodim jajaran Korem Lilawangsa.

"Ada sekitar 2.900 jenis pohon yang kita tanam di sembilan kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa. Sementara, khusus untuk Kodim 0103/Aceh Utara penanaman pohon dilakukan sebanyak 200 pohon," kata Kapti Hertatyawan di sela-sela penanaman pohon di Waduk Pusong.

Ia menjelaskan kegiatan itu juga diisi dengan agenda gotong-royong membersihkan sampah plastik di selokan, pasar dan fasilitas umum, bersama unsur Forkopimda Lhokseumawe dan masyarakat di sekitar Waduk Pusong.

Danrem juga berharap semua pihak ikut bergerak dalam menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam tersebut untuk kelestarian alam, untuk mencegah berbagai potensi bencana alam.

“Saya juga mengimbau seluruh komponen masyarakat dapat melakukan hal-hal positif seperti penghijauan lanjutan di berbagai tempat, termasuk daerah rawan bencana alam longsor saat hujan, terlebih hasil dari pohon tersebut buahnya dapat dirasakan bersama warga sekitar," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar mengataka, apapun yang dilakukan prajurit TNI Kodim 0103/Aceh Utara dan jajaran Korem Lilawangsa harus bisa bermanfaat bagi masyarakat, termasuk kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Dia mengatakan TNI terus berupaya melakukan yang terbaik. Begitu pun pada momentum peringatan Hari Juang TNI-AD 2023, yang mengedepankan semangat kolaborasi prajurit TNI, bersama personel Polsek Banda Sakti, polairud dan brimob untuk bergotong royong membersihkan sampah dan jalan di kawasan Waduk Lhokseumawe.

“Dengan harapan kelestarian lingkungan sekitar tetap terawat bersih dan sehat," ujarnya.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023