Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI, Kemenag Kabupaten Aceh Besar menggelar program Saweu Sikula (kunjungan sekolah) yang dipusatkan di daerah pedalaman Seulimuem di lereng Gunung Seulawah.

Ada dua madrasah yang dikunjungi oleh keluarga besar Kemenag Aceh Besar diantaranya, MIN 12 Lamteuba dan MIN 38 Lampanah Leungah, Kecamatan Seulimuem, Kamis (14/12).

Kepala Kemenag Aceh Besar, Saifuddin menjelaskan, Saweu Sikula merupakan salah satu program yang digagas oleh dalam rangka menyambut HAB ke-78.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mempererat silaturahmi dan mempererat rasa kekeluargaan antar pegawai Kementerian Agama, para siswa madrasah dan juga masyarakat sekitar.

"Momentum HAB ke 78, Kemenag Aceh Besar memprioritaskan kunjungan ke  kawasan pedalaman dan kepulauan, setelah Lamteuba dan Lampanah Leungah akan berlanjut dengan aksi bakti sosial di Pulo Breuh Kecamatan Pulo Aceh," kata Saifuddin.

Dalam kunjungan ke dua madrasah tersebut, keluarga besar Kankemenag Aceh Besar turut menyantuni sejumlah anak yatim dan fakir miskin yang belajar di sana.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembinaan ASN, penataan administrasi keuangan madrasah dan juga silaturahmi dengan tokoh masyarakat sekitar.

Saifuddin berharap, momentum HAB ini dapat menumbuh kembangkan jiwa kebersamaan antar sesama ASN dan juga terwujudnya pelayanan maksimal terhadap masyarakat.

Kemudian, ia juga meminta keberadaan kantor urusan agama (KUA) dan madrasah di berbagai wilayah Aceh Besar mampu membawa perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat baik dari aspek keagamaan maupun pendidikan.

"Untuk itu para ASN Kemenag diharapkan memberikan pelayanan  dan kreatifitas terbaik untuk masyarakat," demikian pria yang akrab disapa Yahwa itu.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023