Zulfiarli warga Gampong/desa Lambada Kabupaten Aceh Besar tidak bisa menahan air matanya saat mengetahui dirinya sebagai salah satu penerima program penyambungan listrik gratis dari PLN UID Aceh.

Zulfiarli yang saban hari bekerja serabutan tersebut tak menduga mimpi akan terang di gubuknya terkabulkan lewat program Light Up The Dream PLN yang dilaksanakan secara nasional.

Lewat kegiatan bertajuk “Peduli Sesama, Menyala Bersama, Menerangi Bangsa”, Zulfiarli menuturkan dirinya tidak mampu memasang listrik di rumahnya, karena pendapatan yang diperoleh sehari-hari hanya cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

“Saya sehari-hari memperoleh upah dari membersihkan kebun/sawah milik orang lain dan juga memotong rumput buat pakan ternak lembu milik orang,” katanya dengan nada rendah saat menerima penyambungan listrik pada akhir Oktober 2023 itu.

Ia telah memimpikan gubuknya bisa terpasang listrik sejak empat tahun silam, namun belum bisa terwujud karena pendapatan yang diperolehnya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah lewat program ini saya bisa menikmati listrik. Terima kasih atas bantuan ini sehingga mimpi saya terwujud,” katanya dengan nada penuh haru.

Zulfiarli bukan satu-satunya warga penerima bantuan penyambungan listrik gratis tersebut. Kebahagiaan tersebut akan diberikan kepada 89 para penerima manfaat yang tersebar dalam wilayah kerja PT PLN UID Aceh.

General Manager PLN UID Aceh Parulian Noviandri melakukan foto bersama usai penyambungan listrik gratis di rumah  Zulfiarli warga Gampong/desa Lambada Kabupaten Aceh Besar (ANTARA/ HO-Humas PLN UID Aceh)

Penyambungan listrik gratis

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh menyambung listrik gratis sebanyak 89 kepala keluarga yang tersebar di enam unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) di daerah itu.

"Terdapat 89 penerima manfaat masyarakat kurang mampu yang tersebar di 6 (enam) UP3 yang ada di Unit Induk Distribusi Aceh, dimana momen penyalaan tersebut dilakukan secara serentak dan melibatkan unsur Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta Forkopimda,” kata General Manager PLN UID Aceh Parulian Noviandri di Aceh Besar.

Ia menjelaskan PLN UID Aceh sebagai salah satu unit induk yang diundang secara live streaming untuk event moment berbagi dengan sesama light up the dream yang turut dihadiri Direktur Legal & Human Capital Yusuf Didi Setiarto.

Ia mengatakan penyambungan listrik gratis untuk keluarga kurang mampu tersebut merupakan bagian dari program sambungan listrik gratis light up the dream (LUTD) yang diselenggarakan secara Nasional bertajuk “Peduli Sesama, Menyala Bersama, Menerangi Bangsa” dengan jajaran Direksi PT PLN (Persero).

Staf Ahli Bupati Aceh Besar Makmun menyampaikan apresiasi atas program yang dicanangkan PLN dalam membantu sesama. 

“Ini sangat berharga, karena masih banyak masyarakat di Aceh Besar ini yang masih hidup di bawah garis kemiskinan dan hak akses listrik itu masih menjadi barang mahal bagi mereka. Semoga Program seperti ini terus berlanjut,” kata Makmun.

Semoga lewat program tersebut dapat mewujudkan mimpi para warga yang belum terang di rumahnya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023