Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah mensertifikasi sebanyak 3.274 bidang tanah gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada 2023. 

"Program ini dilaksanakan di tiga kecamatan, yakni di Lembah Sabil, Tangan-Tangan, dan Kecamatan Kuala Batee," kata Kepala BPN Abdya, Irvandi Satria, di Abdya, Senin. 

Irvandi mengatakan, khusus untuk wilayah kecamatan Tangan-Tangan dan Kuala Batee tersebut merupakan program PTSL lanjutan dari tahun sebelumnya. 

"Alhamdulillah, sukses semua dan sebagian sertifikat PTSL itu sudah dibagikan kepada pemilik," ujarnya.

Baca juga: Warga mulai garap lahan eks HGU di Abdya, kata Tokoh masyarakat

Dirinya menyebutkan, sejauh ini sudah ada 800 bidang telah bagikan, dan awal tahun ini semua sertifikat tersebut kembali dibagikan secara keseluruhan kepada pemilik dari tiga kecamatan itu.

“Kami turun langsung ke lokasi untuk menyerahkan surat tanah gratis ini kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, lanjut Irvandi, BPN Abdya juga telah melakukan program redistribusi tanah untuk kawasan perkebunan pada 2023 sebanyak 750 bidang.

Kemudian, tahun ini BPN Abdya juga menargetkan bisa menyelesaikan sertifikat sebanyak 3.200 bidang tanah masyarakat secara gratis. Fokus tahun ini untuk warga di Kecamatan Manggeng.

“Alhamdulillah, tidak ada kendala. Karena sebelum proses pengukuran, kami terlebih dahulu memberikan penyuluhan atau sosialisasi program PTSL ini,” demikian kepala BPN Abdya.


Baca juga: Minta tindaklanjuti eks HGU PT CA, Pj Bupati temui Wamen ATR/BPN
 

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024