Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Bupati Aceh Besar Syamsulrizal menyatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga merupakan salah satu upaya memperkuat kemitraan antara orang tua, satuan pendidikan dan masyarakat guna meningkatkan prestasi peserta didik.

"Kegiatan ini salah satu upaya meningkatkan kemitraan guna mendongkrak prestasi anak dalam bidang pendidikan," kata Syamsulrizal di sela-sela membuka Bimtek penyelenggaraan pendidikan keluarga di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaaskan keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pendidikan anak sehingga anak mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.

"Pendidikan yang pertama dan utama berasal dari keluarga karenanya mari kita didik dan jaga keluarga kita dari pengaruh buruk seperti narkoba dan hal negatif lainnya," katanya.

Menurut dia pendidikan yang pertama dan utama adalah pendidikan keluarga, di mana anak akan mendapat asah asih asuh agar jadi manusia seutuhnya berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia cerdas pintar dan berprestasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan T Zahlul mengatakan Bimtek yang berlangsung mulaiÿ17-19 April 2017 menghadirkan fasilitator dari Kemendikbud RI dan daerah. Ada peserta dari kegiatan tersebut sebanyak 50 peserta meliputi kepala sekolah, Kepala PAUD dan unsur pendidikan terkait dalam wilayah Aceh Besar.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya kebijakan teknis pelibatan keluarga dan masyarakat di satuan pendidikan, pelaksanaan kelas orang tua, pengasuhan positif dan pendidikan keluarga di era digital. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017