Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pada tahun 2024 mengalokasikan anggaran pembinaan sejumlah cabang olahraga di daerah tersebut mencapai Rp350 juta.

“Dana ratusan juta yang kita alokasikan ini, sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan prestasi di bidang olahraga,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fariky MSi di Suka Makmue, Kamis.

Ada pun alokasi anggaran tersebut diantaranya dana kontribusi atlit usia dini sebesar Rp90 juta, dana kontribusi pembinaan atlet pelajar sebesar Rp180 juta.

Kemudian dana kontribusi pembinaan olahraga kabupaten sebesar Rp100 juta.

Fariky mengatakan alokasi anggaran tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah, dalam mendukung kemajuan olahraga di daerah.

Sehingga nantinya diharapkan akan melahirkan berbagai atlet berprestasi, yang diharapkan dapat mengharumkan nama daerah saat berlomba di ajang olahraga daerah maupun di tingkat nasional.

Fariky menjelaskan, khusus untuk pembinaan pelatih olahraga, pada tahun 2023 ini hanya bisa dialokasikan untuk lima orang pelatih dari tiap cabang olahraga.

Padahal, jumlah pelatih aneka cabang olahraga di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, saat ini tercatat mencapai 30-an orang lebih.

Ia mengharapkan kekurangan jumlah pelatih olahraga yang belum bisa diberikan honor pada APBK 2024, diharapkan dapat dianggarkan kembali pada APBK Perubahan 2024 mendatang.

“Intinya, Pemkab Nagan Raya sangat peduli dengan kemajuan olahraga dan mendukung lahirnya atlet-atlet berprestasi,” kata Fariky optimis.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya vaksinasi 29.834 ternak cegah PMK

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024