Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf mengapresiasi langkah penanganan yang dilakukan Pemkab Aceh Selatan terhadap korban kebakaran di pusat Pasar Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara.

"Penanganan korban kebakaran patut kita apresiasi, karena tempat penampungan warga korban sudah tersedia, termasuk Posko kesehatan serta bantuan masa panik juga sudah disalurkan secara maksimal," katanya saat meninjau korban kebakaran di Kota Fajar, Kamis.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 42 unit ruko dan 30 kios di Pusat Pasar Kota Fajar ludes terbakar pada Rabu (19/4) dini hari, sehingga 70 kepala keluarga atau 194 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Terkait program bantuan pembangunan kembali tempat usaha dan modal usaha, menurut Irwandi Yusuf hal itu menjadi ranahnya pihak pemerintah sekarang ini baik di level kabupaten maupun provinsi.

"Terkait program bantuan kepada korban, saya belum bisa berkomentar banyak karena belum memiliki kewenangan dan kapasitas untuk itu," kata Irwandi Yusuf.

Karena itu, Irwandi mengharapkan kepada pemerintah sekarang agar segera mengambil langkah-langkah penanganan secara nyata di lapangan, sebab jika menunggu aksi nyata darinya, maka harus menunggu setelah pelantikan sekitar 2 atau 3 bulan lagi.

"Itupun tidak mungkin diawal-awal masa tugas langsung mengambil kebijakan pembangunan kembali Pasar Kota Fajar, sebab kita harus beradaptasi terlebih dulu," ujar Irwandi Yusuf.

Kedatangannya ke Aceh Selatan dalam rangka meninjau warga korban kebakaran. Irwandi Yusuf menggunakan pesawat pribadi "Hana Karu Hoka Gata" bersama Ketua DPP Partai Nasional Aceh (PNA), Tgk Irwansyah. Mereka mendarat di Bandar Udara Teuku Cut Ali, Pasie Raja sekitar pukul 15.30 WIB.

Sebelum ke Aceh Selatan meninjau korban kebakaran, Irwandi bersama Irwansyah terlebih dulu meninjau warga korban banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara.

Saat tiba di Bandara Teuku Cut Ali, Irwandi disambut mantan panglima GAM Wilayah Lhok Tapaktuan, Tgk Abrar Muda, Ketua PNA Aceh Selatan Tgk Amran dan sejumlah relawan dan simpatisan Irwandi - Nova pada Pilkada lalu.

Pantauan di lapangan, saat sampai di Pasar Kota Fajar lokasi terjadinya musibah kebakaran, Irwandi dengan didampingi Camat Kluet Utara H Zainal menemui langsung sejumlah warga korban kebakaran yang saat ini tinggal ditempat penampungan sementara.

Selain itu, Irwandi juga meninjau bangunan ruko dan kios yang sudah musnah terbakar termasuk meninjau Posko penanganan korban kebakaran yang didirikan tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Di Posko induk tersebut, Irwandi Yusuf memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp20 juta atas nama pribadi.

Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017