Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai menyalurkan bantuan beras cadangan pemerintah sebanyak 161.880 kilogram beras yang diperuntukkan bagi 16.188 masyarakat miskin di daerah tersebut.

“Masing-masing masyarakat penerima manfaat mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram per orang,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan (DKPP) Kabupaten Nagan Raya, Azman di Suka Makmue, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan beras tersebut merupakan bantuan yang disediakan oleh Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, dengan penugasan Perum Bulog yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia selaku transporter resmi.

Azman menjelaskan, pada tahun 2024 Kabupaten Nagan Raya mendapatkan kuota bantuan sebanyak 16.188 orang keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan beras dari pemerintah.

Bantuan pangan ini diberikan dalam dua tahap diantaranya pada tahap pertama periode bulan Januari-Maret 2024.

Kemudian pada tahap kedua akan disalurkan pada periode April-Juni 2024.

Azman mengatakan bantuan beras yang diterima oleh keluarga penerima manfaat atau KPM tersebut sebanyak 10 kilogram setiap bulan, dengan menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kemenko PMK.

Untuk penyaluran saat ini, kata dia, baru disalurkan 10 kilogram beras untuk jatah bulan Januari 2024, dan akan kembali disalurkan jatah bulan Februari 2024 dalam bulan ini.

Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Samsuar mengatakan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) melalui pemberian bantuan pangan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan.

“Penyaluran bantuan ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen,” ujar Samsuar.

Baca juga: BPS Nagan Raya gandengan Pemkab susun angka statistik daerah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024