Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengajak petani di kabupaten itu untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di daerah sekitar untuk pengembangan komoditas pertanian.

“Petani harus memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam serta hasil pertanian di Kabupaten Aceh Besar.  Daerah kita sangat subur dan sangat cocok untuk pengembangan komoditas pertanian,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhamma Iswanto di Blang Bintang, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela panen raya padi sawah MT Rendengan tahun 2024 bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono di lahan pertanian Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar.

Ia menjelaskan dengan pemanfaatan lahan kosong tersebut akan ikut membantu menambah pendapatan petani selain berharap dari hasil produksi padi yang telah menjdi salah satu komoditas unggulan di daerah tersebut.

“Pemerintah Pusat dan daerah sudah melaksanakan panen raya perdana di Kabupaten Aceh Besar. Ini menjadi salah satu bukti konkrit yang bisa kita saksikan selama ini, bahwa hasil panen khususnya padi sangat menggembirakan," kata Iswanto.

Ia mengatakan Kabupaten diberikan bantuan untuk 40 ribu kelompok penerima manfaat atau naik dati tahun sebelumnya sebanyak 36 ribu.

Ia juga mengatakan apabila para petani memiliki kendala di lapangan terkait pupuk subsidi untuk menyampaikan kepada penyuluh.

"Kita pelan-pelan mengikuti metode yang sudah ditentukan oleh Pemerintah pusat, sehingga nanti berdampak meningkatkan kembali pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda(SIM) Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan Pj Bupati Aceh Besar sehingga petani binaan Lanud SIM dapat meningkatkan hasil produksi.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024