Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry bersama Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menyatakan siap berkolaborasi untuk pengembangan gampong Qurani di kabupaten setempat.

“Kami mengapresiasi dan siap mendukung program Bupati untuk meningkatkan literasi membaca Al Quran dan Program Gampong Qurani di Kabupaten Bener Meriah. Kami juga mengirimkan sebanyak 61 hafiz yang akan melakukan pengabdian di Bener Meriah,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman di Darussalam, Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima kunjungan Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Haili Yoga di UIN Ar Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Ia menjelaskan kunjungan tersebut juga bagian dari silaturrahmi dan membahas komitmen kerja sama dengan UIN Ar-Raniry terkait pengembangan Gampong Qurani di Kabupaten Bener Meriah yang melibatkan penempatan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di kabupaten tersebut.

Baca: UIN Ar-Raniry-UEA bahas infrasruktur pendidikan

“Insya Allah, minggu depan kita akan mengirim sebanyak 795 mahasiswa ke Kabupaten Bener Meriah untuk mengikuti kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan siap untuk berkolaborasi dalam mendukung program kerja Pj. Bupati Bener Meriah dalam upaya meningkatkan literasi dan kegemaran membaca Al-Qur’an melalui Program Gampong Qur’ani bagi masyarakat di kabupaten penghasil kopi arabika tersebut.

Prof Mujib menambahkan dalam pilot project program Gampong Qurani ada lima desa yang akan menjadi fokus utama yakni dengan penempatan empat orang hafiz di setiap kelompok KPM di masing-masing desa.

Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga menyampaikan terima kasih atas komitmen kerja sama UIN Ar Raniry untuk pengembangan Gampong Qurani di Kabupaten Bener Meriah.

Ia berharap dengan kehadiran mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran.Menurut dia kolaborasi tersebut sangat penting dalam memotivasi masyarakat untuk lebih gemar membaca Al Quran, terutama di bulan Ramadhan. Kerja sama dengan UIN Ar-Raniry sebagai langkah yang tepat dalam membentuk Gampong Qurani di Kabupaten Bener Meriah.

Baca: UIN Ar-Raniry luluskan 1.635 wisudawan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024