Singkil (ANTARA Aceh) - Seribuan warga menggelar zikir akbar bersama di lapangan Kasim Tagok, Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu, guna mengungkapkan rasa syukur sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kabupaten itu yang ke-18.
     
Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Singkil Samsul Bahri SH kepada wartawan mengatakan, acara zikir akbar ini bekerja sama dengan Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf (MPTT). 
     
Peserta zikir diprakarsai dari santriwan dan santriwati dari 4 pesantren dan balai pengajian, yakni Pesantren Darul Hasanah Syeikh Abdurrauf, Pesantren Mahabbah, Balai Pengajian Ustadz Khalidin Ketapang Indah, Singkil Utara, dan Balai Pengajian Ustadz Juned, Kecamatan Singkil, serta masyarakat.
     
Selain zikir, salawat dan salam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW serta ditutup dengan doa. "Sesungguhnya zikir itu mendekatkan hamba dengan tuhannya dan membuat tenang hati dan jiwa bagi kita kaum muslim," ujar Samsul. 
     
Jadi, sambungnya, dengan semakin digalakkan pelaksanaan ini, supaya  zikir ini lebih membudaya di kalangan masyarakat luas. 
     
"Artinya, semoga zikir ini tetap istiqamah baik di masjid-masjid, rumah-rumah terus membudaya dan membumi dengan harapan Insya Allah masyarakat kita selalu aman damai dan tentram dalam menjalani kehidupan sehari-hari," ujarnya. 
     
Acara zikir akbar sebelum dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, hujan mengguyur kawasan lapangan Kasim Tagok, sehingga sebagian peserta berpindah ke tribun dan tempat yang ada tenda teratak. 
     
Samsul menuturkan, acara zikir tetap berjalan lancar, hujan kurang lebih 15 menit yang mengguyur merupakan rahmat Allah SWT dan pertanda berkah.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017