Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menyediakan layanan perawatan bagi pasien gangguan jiwa untuk para caleg yang depresi atau mengalami gangguan jiwa, paska pemungutan suara Pemilu 2024.

“Ruang rawat pasien ini kita sediakan di Bangsal Zaitun yang khusus, ada beberapa bed (tempat tidur pasien) yang kita sediakan,” kata Direktur RSUD Cut Nyak Dhien
Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dr Ilum Anam kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Ia menyebutkan, penyediaan beberapa tempat tidur khusus pasien yang depresi akibat Pemilu tersebut, sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Baca juga: RSUD Meulaboh rawat sejumlah caleg diduga depresi akibat Pemilu

Meski sudah menyediakan tempat tidur khusus bagi caleg yang depresi atau mengalami gangguan jiwa paska Pemilu 2024, sejauh ini ruangan tersebut belum digunakan.

"Kalau pun misalnya ada pasien gangguan jiwa dari caleg, pasti tidak akan diizinkan di rawat oleh pihak keluarga. Tapi ya sejauh ini memang belum ada (gangguan jiwa)," katanya.

Ilum Anam mengatakan selama ini rata-rata pasien yang dirawat sejak Kamis hingga Ahad (16-18/2) lalu merupakan caleg yang mengeluh sakit kepala, asam lambung dan marah-marah.

Ia menjelaskan, pasien yang dirawat tersebut diberikan tindakan medis berupa obat-obatan, yang diharapkan dapat mengatasi keluhan yang dialami seperti susah tidur, depresi dan gejala lainnya.

“Jadi obat yang diberikan oleh dokter, rata-rata mengatasi atau meredakan gejala depresi dan keluhan lainnya,” katanya.

Dia mengatakan sebagian pasien diduga caleg yang telah mendapatkan perawatan medis tersebut, sebagian besar sudah ada pulang ke rumah dan memilih perawatan jalan atau berobat ke dokter spesialis.

Sebagian pasien yang pernah di rawat di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut, kata Ilum Anam, hingga saat ini kondisinya sudah mulai stabil, sehingga
diperbolehkan pulang oleh dokter yang merawat.

Baca juga: Uhuuuy, Perolehan suara Komeng tembus 700.000 meski baru pertama nyaleg

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024