Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mengawasi langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 002, Desa Mesjid, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya.

“Harus dikawal untuk memastikan supaya tidak ada gangguan saat dilakukan PSU dan tidak ada suara yang hilang,” kata Lolly Suhenty, di Pidie Jaya, Kamis.

Lolly memastikan pihaknya mengawal seluruh proses PSU yang telah mendapatkan jadwal sebanyak 18 titik di sembilan kabupaten/kota di Aceh berlangsung baik.

KIP maupun Panwaslih dalam konteks PSU harus benar-benar menjamin agar tidak terjadi kesalahan yang berulang, baik secara tatacara, teknis, mekanisme maupun kesalahan lainnya. 

“Perlu dipahami PSU ini hanya berkesempatan satu kali dan tidak boleh diulang sehingga semua jajaran harus memastikan agar dilaksanakan dengan benar,” ujar Lolly.

Sebagai informasi, pada TPS 002 Gampong Mesjid Lancok Kecamatan Bandar Baru itu terjadi pelanggaran Pemilu dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

Di mana, ketika itu terdapat oknum caleg yang mencoblos diluar bilik suara, dan memasukkan beberapa surat suara tercoblos ke dalam kotak suara.

Kasus tersebut sempat viral di berbagai platform media sosial di Aceh, dan menjadi salah satu atensi penyelenggara Pemilu di Aceh.

Baca juga: KIP Banda Aceh gelar pemungutan suara ulang Pemilu 2024 di TPS Gampong Keuramat

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024