Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur mengatakan sebanyak 590 pelajar mengikuti seleksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2024. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Senin, mengatakan ratusan pelajar tersebut berpartisipasi mengikuti seleksi pada 13 cabang olahraga.

"Alhamdulillah, putra- putri Aceh Timur antusias ikut seleksi ini. Tim seleksi sangat fokus untuk mencari bibit atlet untuk bertanding membawa harum nama kabupaten Aceh Timur," kata Syahril.

Adapun cabang olahraga yang dibuka seleksi yaitu, atletik, sepak bola, tarung drajat, basket,  bola voli, sepak takraw, bulu tangkis, karate, pencak silat, kempo, taekwondo, dan tenis meja.

Seleksi difokuskan pada empat lokasi yaitu untuk atletik sendiri dilaksanakan di SMPN 1 Peudawa, sepak bola di Stadion Mon 9 Idi Rayeuk, Tarung drajat di Birem Bayeun. Sedangkan cabor lainnya dipusatkan di Gedung Idi Sport Center (ISC).

Syahril menjelaskan berdasarkan petunjuk teknis, atlet yang diseleksi kelahiran 1 Januari 2007 atau sesudahnya dan saat ini masih berada di kelas X sekolah menengah atas atau sederajat.

Selanjutnya, berstatus pelajar aktif, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah dan terakhir fotokopi dokumen berupa STTB SMP, rapor, akte kelahiran dan NISN saat pelaksanaan seleksi.

Syahril menyebutkan pekan olahraga daerah tersebut merupakan momentum untuk mempromosikan berbagai potensi Kabupaten Aceh Timur. Oleh sebab itu, pihaknya berharap semua pihak menyukseskan perhelatan even bergengsi itu. 

"Pergelaran popda akan ramai dikunjungi dari berbagai kabupaten kota di Aceh. Aceh Timur akan menjadi tuan rumah dan memberikan pelayanan yang terbaik. Insya Allah popda akan berdampak positif untuk Kabupaten Aceh Timur," kata Syahril.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024