Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) mengajak pemuda dan remaja di daerah itu memakmurkan masjid selama bulan Ramadan 1445 Hijriah.

"Kami mengajak pemuda dan remaja di Aceh Timur memakmurkan masjid selama bulan puasa, baik shalat tarawih, tadarus pada malam hari maupun kajian-kajian hukum Islam di saat malam hari," kata Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur Muhammad Ishak di Aceh Timur, Senin.

Muhammad Ishak juga mengajak seluruh kader dan pengurus BKPRMI menjadi pelopor dalam memakmurkan masjid. Selama Ramadan juga diharapkan semua masjid harus hidup secara terorganisir dengan berbagai kegiatan,

Menurut alumni Darussa’adah Cabang Idi Cut ini, dalam setiap kegiatan maka sudah selayaknya para kader dan pengurus diharapkan tetap berkoordinasi dengan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) setempat. 

Begitu juga dalam berbagai kajian dan pelatihan yang dilakukan tentu perlu melibatkan semua pihak, termasuk alim ulama dan pimpinan Taman pendidikan Al Quran (TPA).

Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan di tingkat desa, kata Muhammad Ishak, mengisi materi pesantren kilat atau Program Dinul Islam ke setiap sekolah, baik SD, SMP dan SMA sederajat. 

"Kegiatan lain adalah mengajari anak-anak mengaji berbagai irama tartil dan berpidato serta latihan azan. Ini lebih bermanfaat jika dilakukan pagi hingga siang dalam bulan Ramadan," kata Cek Mad, sapaan Muhammad Ishak.

Begitu juga dengan pengurus DPK BKPRMI di tingkat kecamatan, Cek Mad meminta seluruh pengurus agar dapat bergabung dalam kegiatan Safari Ramadan yang dilaksanakan pihak kecamatan. 

Bukan sebatas menjadi imam dan bilal, tapi pengurus BKPRMI harus berani tampul sebagai penceramah, sehingga dapat menyampaikan dakwah dalam wadah BKPRMI, kata Cek Mad.

"Kami akan bentuk Tim Safari Ramadan BKPRMI Aceh Timur dengan sasaran mengunjungi sejumlah DPK BKPRMI di Aceh Timur. Jadwalnya segera menyusul," kata Muhammad Ishak.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024