PT PLN Unit Induk Distributi (UID) Aceh menyiapkan sebanyak 118 posko siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah dalam rangka memastikan keandalan listrik kepada masyarakat.

General Manager PT PLN UID Aceh Mundhakir di Banda Aceh, Rabu mengatakan pihaknya terus memastikan keandalan listrik dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah dan melakukan tindakan preventif dari sebelum bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri sehingga pasokan listrik tetap lancar kecuali kondisi darurat.

“Kita ingin memastikan masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan khusuk. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat dengan memastikan pasokan listrik tetap lancar, terutama selama waktu-waktu padat seperti waktu berbuka puasa dan sahur,” katanya.

Ia menyebutkan untuk memastikan keandalan PLN UID Aceh telah menyiapkan siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di 118 posko lokasi dan menyiapkan peralatan pendukung terdiri dari sebanyak 1.439 petugas, 185 kendaraan, 86 Genset mobile, 36 UGB dan 3 UKB.

“Kami juga terus memaksimalkan program program grebek penyulang dan Bakti PDKB untuk menjaga pasokan listrik tetap andal selama periode Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H,” katanya.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam menyiapkan peningkatan keandalan termasuk mempersiapkan unit pembangkit isolated (PLTD) agar selalu ready dan tidak mengalami gangguan.

”Kita juga memastikan kehandalan peralatan yang di miliki PLN berfungsi baik untuk menghadapi kemungkinan terjadinya pemadaman listrik akibat gangguan,” katanya.

Ia menyebutkan daya mampu pasok sebesar 1014,1 MW dengan beban puncak sistem  sebesar 538.61 MW terdiri dari beban puncak grid sebesar 515.2 MW dan beban puncak sistem isolated sebesar 23,41 MW sehingga Aceh memiliki cadangan sebesar 490,07 MW.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024