Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Harga bawang putih di tingkat pedagang pengecer di seumlah pasar tradisional di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam sepekan terakhir ini kembali turun, karena pasokan terus bertambah sementara permintaan stabil.

Nurlaili, pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Rabu menyebutkan, harga bawang putih saat ini Rp40 ribu atau turun dari sepekan sebelumnya Rp45 ribu/Kg.

"Harga bawang sempat mengalami kenaikkan hingga Rp50 ribu/Kg, kemudian turun jadi Rp45 ribu dan kini turun lagi menjadi Rp40 ribu/Kg," katanya.

Ia menyebutkan, turunnya harga salah satu bumbu masak itu karena pasokannya, baik lokal maupun impor kembali lancar dan jumlahnya banyak.

Dikatakan, melonjaknya harga bawang putih beberapa waktu lalu disebabkan minimnya pasokan.

Akan tetapi, dengan mulai lancarnya pasokan, harga bawang putih juga kembali turun.

Bahkan, menurut salah seorang pedagang bawang lainnya, Furqan, apabila pasokan terus lancar, harga bawang putih akan terus menurun sampai kembali pada harga normal seperti sebelumnya yaitu Rp30 ribu/Kg.

Sementara itu, untuk komoditi bawang merah, malah harganya mengalami penurunan. Anjloknya harga bawang merah sangat terasa untuk jenis bawang merah impor, yaitu hanya Rp8.000/Kg yang sebelumnya Rp14 ribu/Kg.

Sedangkan untuk jenis bawang merah lokal, harganya juga mengalami penurunan, akan tetapi tidak sinigfikan, yakni dari Rp30 ribu menjadi Rp24 ribu/Kg, katanya.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017