Basarnas Banda Aceh bersama tim gabungan kembali mengevakuasi enam jasad yang diduga imigran etnis Rohingya di perairan Kecamatan Jaya, Kecamatan Lamno Kabupaten Aceh Jaya.

"Mayat di perairan laut Aceh Jaya itu ditemukan dalam kondisi mengapung dan meninggal dunia di sejumlah lokasi di kawasan Lamno," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya, Ismail, di Aceh Jaya, Senin.

Ia menyampaikan penemuan mayat yang diduga imigran etnis Rohingya itu berawal dari informasi nelayan yang melihat sejumlah jasad di lautan.

Setelah mendapatkan informasi itu, lanjut Ismail, Basarnas Banda Aceh bersama tim gabungan kemudian langsung mengevakuasi mayat-mayat tersebut.

Mayat Rohingya tersebut dibawa ke wilayah Krueng Sabee untuk dikebumikan di kuburan massal Aceh Jaya.

"Saat ini jasad tersebut sedang dibawa menuju Calang untuk dikebumikan di kuburan massal Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee," kata Ismail.

Dengan ditemukan enam jasad tersebut, maka sejauh ini tim pencarian sudah mengevakuasi sembilan mayat diduga imigran etnis Rohingya, setelah sebelumnya juga ditemukan tiga jasad.

Seperti diketahui, pada Kamis (20/3), puluhan imigran etnis Rohingya ditemukan terombang-ambing di perairan Aceh Barat setelah kapal mereka terbalik.

Setelah musibah di lautan itu, 75 di antara imigran etnis Rohingya tersebut dapat diselamatkan dan dievakuasi ke daratan. Berdasarkan keterangan dari mereka, rekan mereka lainnya tenggelam  di lautan.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024