PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan dana Rp45 triliun berupa uang tunai untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat saat libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Jumlah uang kartal yang disiapkan BSI sejalan dengan tren permintaan uang tunai yang meningkat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri. Pemenuhan uang kartal tahun ini tercatat meningkat 20 persen secara tahunan (yoy), terutama untuk kebutuhan uang tunai melalui penarikan teller dan ATM.

“Optimalisasi layanan kebutuhan jelang Idul fitri, perseroan telah menyediakan layanan penukaran uang layak edar melalui mobil kas keliling dan kantor cabang bersama Bank Indonesia sesuai jadwal pada masing-masing KPw BI setempat,” kata Wakil Direktur Utama BSI Bob T. Ananta di Jakarta, Senin (1/4).

Baca juga: Bank Indonesia buka layanan penukaran uang lebaran terpadu di Banda Aceh

Menyambut libur Lebaran, imbuh Bob, BSI juga telah menyiapkan weekend banking yang secara rutin dilakukan guna mempermudah nasabah yang ingin bertransaksi ke cabang pada akhir pekan.

Selama 6-15 April 2024, perseroan juga membuka layanan terbatas di 566 gerai BSI yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Adapun jam operasional layanan terbatas tersebut dimulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat. Layanan operasional juga terbatas dapat diakses melalui www.bankbsi.co.id.

“Menjelang Idul Fitri, perseroan mengoptimalkan layanan BSI baik di kantor cabang maupun e-channel (ATM dan BSI Mobile),” kata Bob.

Baca juga: Rencana merger bank syariah, begini tanggapan BSI

Dia menambahkan, pihaknya juga memastikan ketersediaan dana tunai terutama pada mesin ATM agar dapat memberikan layanan prima selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Terlebih, kata Bob, waktu jelang Lebaran menjadi salah satu periode yang memiliki trafik transaksi lebih tinggi dari biasanya.

Adapun saat ini BSI memiliki lebih dari 1.100 kantor cabang serta 2.559 mesin ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ATM Jalin, VISA dan Mastercard serta layanan transaksi penarikan uang tunai yang bekerja sama dengan gerai Indomaret dan Alfamart di seluruh Indonesia.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSI siapkan Rp45 triliun guna penuhi kebutuhan saat Lebaran 2024

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024