Komandan Kodim 0110 Aceh Barat Daya (Abdya) Letkol Inf Beny Maradona menyebut suasana bulan suci Ramadhan di daerah yang dikenal sebagai bumoe breuh sigupai itu sangat menyenangkan, penuh dengan ketenteraman.

"Suasana bulan puasa di Abdya sebagai sesuatu yang sangat enak dan menyenangkan karena masyarakatnya dikenal baik, ramah, murah senyum, dan bersahaja," katanya saat acara buka puasa bersama wartawan daerah di Blangpidie, Selasa (2/4).

Di sela-sela acara itu, Dandim Abdya juga tidak lupa memberikan penghargaan kepada para insan pers sebagai bentuk kemitraan yang telah terjalin dengan baik antara Kodim dan rekan media.

"Yang membuat suasana Ramadhan begitu istimewa bagi saya, pertama masyarakatnya ramah, murah senyum dan bersahaja sehingga pelaksanaan ibadah puasa memiliki aura tersendiri yang membuatnya istimewa," ujarnya.

Selain itu, ada juga beberapa hal menarik lainnya yang menjadi perhatian Dandim saat melakukan olahraga berlari di sore hari. 

Meskipun baru bertugas di daerah tersebut, Dandim Beny rutin berolahraga dengan berlari dari Kodim di Blangpidie hingga ke Pelabuhan Ujong Serangga di Kecamatan Susoh. 

Aktivitas ini tentu memungkinkannya bertemu dengan warga setempat dan menyapa mereka dengan ramah di sepanjang jalan. 

"Saya juga telah mengunjungi sejumlah masjid besar di Abdya untuk menunaikan shalat tarawih dan shalat fardu. Menariknya, setiap masjid di Abdya dilengkapi dengan AC dan memiliki jumlah jamaah yang banyak," ujarnya.

Meskipun demikian, ada satu perhatian khusus yang di sampaikan Dandim, yaitu situasi lalu lintas di jalan nasional yang terlalu padat pada sore hari, terutama oleh kendaraan roda dua. 

Dandim menyarankan perluasan bahu jalan nasional untuk sangat penting untuk mengurangi kemacetan dan juga peningkatan penerangan lampu jalan oleh pemerintah daerah.

Ia berharap, suasana Ramadhan yang penuh kehangatan dan kebaikan di Abdya menjadi cerminan keramahan dan mengakar kuat yang harus dipertahankan hingga di masa akan datang. 

"Sungguh menyenangkan. Semoga semangat ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua," ujarnya.

Baca juga: Pemkab minta Balai Wilayah Sungai Sumatera tangani erosi di Abdya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024