Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H, banyak masyarakat merencanakan untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Salah satu alat transportasi pilihan adalah kendaraan bermotor karena dinilai lebih ekonomis dan efisien.

Banyak persiapan yang dilakukan agar perjalanan mudik tetap nyaman dan aman. Selain persiapan fisik dan perbekalan, ada yang tak kalah pentingnya adalah memastikan kendaraan Anda dalam keadaan prima sebelum memulai perjalanan. 

Berikut ini ada tujuh tips mudik aman dengan kendaraan pribadi yang ANTARA rangkum dari berbagai sumber:
 
1. Periksa oli mesin, periksa kondisi semua oli pada mobil karena oli merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya. Apabila kondisi oli sudah berwarna hitam pekat atau terdapat partikel kotoran, maka menandakan perlu penggantian oli.
 
Teknisi memperbaiki sepeda motor di salah satu bengkel lintas jalan Pase, Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (15/4/2023). Pengusaha bengkel setempat mengaku, dalam sepekan terakhir permintaan servis sepeda motor meningkat dari 8-10 motor per hari menjadi 50 motor per hari untuk persiapan mudik lebaran. ANTARA FOTO/Rahmad/aww. (ANTARA FOTO/RAHMAD)

2. Periksa ban, ban yang dalam kondisi baik dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Hal ini dikarenakan, ban adalah bagian kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalan. Sehingga pastikan ban, dalam kondisi yang siap pakai yakni kondisi ban belum aus, tidak sobek, tekanan angin sesuai dan terjaga serta lainnya. 

3. Periksa kondisi rem, salah satu aspek yang menjadi kunci keselamatan dalam berkendara terlebih dipakai dalam perjalanan jauh. Periksa minyak apabila berkurang atau ada kotoran akan berpengaruh pada menurunnya performa rem. Pastikan pula tidak adanya kebocoran dengan memeriksa cairan rem pada tangki reservoir. Uji pedal rem, perbaiki apabila adanya gejala getaran atau suara berisik saat menginjak pedal rem.


Baca juga: Masalah ban bisa picu kecelakaan di jalan tol, begini tips pencegahannya


4. Sistem kelistrikan mesin, hal ini mencakup berbagai bagian seperti lampu-lampu, klakson, wiper. Periksa fungsi setiap lampu baik lampu indikator, lampu eksterior dan interior. Kemudian pastikan klakson dan wiper dapat berfungsi dengan baik. Selian itu, perlu pula memeriksa kondisi kabel-kabel dan terminal kelistrikan. Dengan tujuan memastikan tidak ada kebocoran arus listrik yang menjadi halangan kinerja sistem.

5. Sistem pendingin, menjaga suhu mesin agar tetap stabil saat kendaraan beroperasi. Pemeriksaan sistem pendinginan meliputi pengecekan kadar cairan pendingin, kondisi selang-selang, kipas pendingin dan radiator untuk memastikan sistem tersebut berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya overheat atau suhu mesin melebihi batas normal yang dapat merusak mesin kendaraan. 
 
Mekanik memperbaiki sepeda motor konsumen di salah satu bengkel Jalan Terminal, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (28/3/2024). Menurut pengusaha bengkel, menjelang Lebaran permintaan jasa servis sepeda motor untuk keperluan mudik mengalami peningkatan dari 15 unit sepeda motor per hari menjadi 40 hingga 55 unit sepeda motor per hari. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.

6. Sistem kemudi dan suspensi, sistem kemudi dan suspensi yang baik akan memastikan kendaraan mampu dikendalikan secara optimal dan memberikan kenyamanan selama berkendara. Pemeriksaan meliputi pengecekan kondisi keseimbangan roda, kekencangan steering, shockbreaker dan kondisi suspensi untuk memastikan sistem berfungsi dengan baik dan aman.

7. Periksa air radiator, air radiator berfungsi sebagai pendingin agar suhu mesin stabil. Pastikan udara pada tangki air radiator tidak kurang dari batas seharusnya dan tidak ada kebocoran di salurannya.

Setelah semua persiapan kita penuhi, jangan lupa juga kita berdoa kepada Allah SWT sebelum berangkat mudik agar selamat sampai ke tujuan.

Penulis: Naily Jannati, mahasiswa komunikasi FISIP USK

Baca juga: Tips gunakan mobil listrik untuk berpergian

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024