Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memastikan layanan instalasi gawat darurat (IGD) 14 unit pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) yang tersebar di 10 kecamatan di kabupaten setempat beroperasi selama 24 jam penuh.

"Operasional IGD selama 24 jam di Puskesmas Nagan Raya ini sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat saat libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Hj Siti Zaidar kepada ANTARA di Suka Makmue, Rabu.

ia menjelaskan, operasional instalasi gawat darurat di setiap Puskesmas tersebut dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pertolongan medis, apabila sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan kesehatan secara darurat.

selain itu, operasional IGD selama 24 jam penuh juga bertujuan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat saat hari libur nasional.

Siti Zaidar mengatakan selain layanan IGD, pemerintah daerah juga memastikan puluhan unit armada ambulans yang tersedia di 14 Puskesmas di Nagan Raya juga siap melayani masyarakat, yang membutuhkan layanan armada ambulans.

Selain di Puskesmas, layanan kesehatan juga turut dibuka oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, di setiap pos layanan mudik yang tersebar di sejumlah lokasi strategis di ruas Jalan Lintas Barat Selatan Aceh, serta di lokasi wisata.

"Meski dalam suasana hari libur dan cuti bersama, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya tetap berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat selama 24 jam penuh, khususnya di layanan gawat darurat," katanya.

Pemerintah daerah juga menyiagakan piket dokter umum dan paramedis di setiap Puskesmas, sehingga diharapkan dapat melayani kesehatan masyarakat yang membutuhkan, demikian Siti Zaidar.

Baca juga: RSUD Nagan Raya siagakan dokter jaga selama libur Idul Fitri

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024