PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) Banda Aceh menambah enam trip kapal penyeberangan dari Sabang ke Ulee ke Banda Aceh pada arus balik mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ditambah karena sudah diprediksikan bahwa arus kedatangan sudah selesai dan hari ini mulai arus balik," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Rudi B Hanafiah, di Banda Aceh, Minggu.

Adapun trip pertama dari Balohan Sabang KMP Aceh Hebat 2 berangkat pukul 08.00 WIB, trip kedua KMP BRR pukul 11.00 WIB, trip ketiga KMP Aceh Hebat 2 pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Lebaran, pelabuhan Ulee Lheue angkut 13.450 orang ke Sabang

Selanjutnya, trip keempat KMP BRR pukul 16.30 WIB, trip kelima KMP Aceh Hebat 2 pukul 19.00 WIB, dan trip keenam KMP BRR pukul 21.30 WIB.

"Rencana pelayanan hari ini minimal enam trip, tapi menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Apabila dibutuhkan, kami akan koordinasi untuk menambahkan trip lagi," ujarnya. 

Penambahan trip tersebut, kata Rudi, telah berlaku sejak H+3 lebaran sampai Senin (15/4) besok guna menghindari penumpukan penumpang saat arus balik mudik Idul Fitri.

"Saya rasa dua hari kedepan, mulai hari ini sampai besok masih akan arus balik sehingga butuh penambahan trip karena kita sudah tiga hari tambah trip. Pulangnya tidak mungkin juga tidak kita tambah," katanya.

Dirinya juga memprediksi, jumlah penumpang pada arus balik dari Balohan Sabang ke Banda Aceh hari ini mencapai 2.000 hingga 3.000 orang. 

"Jumlah penumpang relatif susah ditebak, karena jadwal kepulangan tidak berbarengan, ada yang masih stay setelah tiga hari di sana ada sebagian yang pulang," demikian Rudi B Hanafiah.

Baca juga: ASDP: Arus mudik di Pelabuhan Ulee Lheu terpantau normal dan lancar

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024