Sembilan partai politik di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan akan mendukung Jupri Hasannuddin sebagai bakal calon bupati definitif yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. 
 
Isu ini muncul di tengah lapisan masyarakat Abdya setelah sembilan pengurus partai politik di daerah tersebut melakukan silaturahmi dengan bakal calon bupati Abdya, Jupri Hasannuddin, di Taufik Kupi di Blangpidie, Selasa malam.
 
Ketua Forum pemuda mahasiswa Abdya-Jakarta, Akmal Al-Qarasie, yang hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa para pimpinan dari sembilan partai nasional dan partai lokal di Abdya melaksanakan Deklarasi Koalisi Abdya Perubahan. 
 
Para petinggi dan pengurus partai tersebut berusaha menyatukan persepsi terkait pengusungan bakal calon bupati dan wakil bupati Abdya yang akan bertarung di pilkada 2024.
 
Beberapa unsur pimpinan dan pengurus partai yang hadir pada malam itu antara lain, Ketua DPD PAN Abdya, H Said Syamsul Bahri, Ketua DPD Demokrat Abdya, Romi Syahputra, Ketua DPD NasDem Abdya, Yusran Adek dan 
Ketua DPC PKB Abdya, Zulkarnaini.
 
Kemudian Ketua DPC PPP Abdya, Kasman
Sekretaris DPD Golkar Abdya, Ustad Mukhlis Muhdi, Sekretaris DPD PDI-P Abdya, Lutfi, Ketua Bapilu DPW PNA Abdya, Faizin, Wakil Ketua I DPW PA Abdya, Abdul Aziz, Jurubicara DPW PA Abdya, Rahmad Saputra, Sekretaris DPD Hanura Abdya, Fakhrul Razi.
 
"Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat yang juga bakal calon bupati Abdya Jufri Hasanuddin, dan mantan anggota DPRK Abdya Arjuna Putra ikut hadir pada acara silaturahmi lintas parpol itu," katanya
 
 Ia memprediksi Pilkada Abdya 2024 akan berlangsung sengit dan menarik mengingat ada empat nama bakal calon bupati yang memiliki basis dukungan yang kuat dari masyarakat.
 
Keempat bakal calon itu pertama Jupri Hasannuddin, kedua Salman Al-Farisi, ketiga Safaruddin, dan keempat Said Samsul Bahri. 
 
Akar Rumput PA Abdya Dukung Jufri Hasanuddin
 
Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW-PA) Abdya, melalui jurubicaranya Rahmat Saputra, mengumumkan bahwa penentuan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati masih dalam proses. Tahapan penjaringan internal dijadwalkan akan berlangsung pada 22 April mendatang.
 
Di tengah ketidakpastian ini, suara dari akar rumput PA/KPA menunjukkan keinginan kuat agar PA mengusung kader internal. Nama yang mencuat adalah Jupri Hasanuddin yang diharapkan dapat maju sebagai bakal calon Bupati.
 
Rahmat juga menyampaikan bahwa beberapa Parnas dan Parlok telah menyatakan keinginan agar PA mendukung kembali Jupri Hasanuddin dalam kontestasi Pilkada mendatang. Beberapa pimpinan partai bahkan telah menyatakan kesiapan untuk mendukung pencalonan Jupri Hasanuddin.
 
“Insya Allah, jika PA mengusung Jupri Hasanuddin sebagai Calon Bupati, maka beberapa Parnas siap untuk berkoalisi pada Pilkada Abdya 2024,” ujar Rahmat.
 
 Ia menambahkan bahwa dengan dukungan yang solid ini, PA dan KPA Abdya merasa optimis untuk meraih kemenangan dalam Pilkada 2024.
 
Baca juga: TRK nyatakan siap bertarung di Pilkada Nagan Raya 2024
 
 

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024