Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Dukungan keikutsertaan TNI dalam penanganan masalah pangan meningkatkan penyerapan gabah petani di daerah-daerah oleh Bulog Langsa.

Peningkatan penyerapan gabah dengan dukungan personel TNI itu, terungkap saat Danrem 011 Lilawangsa Kol Inf Agus Firman Yusmono bersama Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar berkunjung ke Bulog Sub-Divre Langsa, Selasa.

Kunjungan itu untuk memantau perkembangan stok beras setempat, dan diterima oleh Kabulog Sub-Divre Langsa H Basir.

Dalam kunjungan tersebut, Danrem bertanya tentang keadaan dan stok beras di gudang Bulog setempat, dan tingkat kebutuhan beras bagi masyarakat. Danrem juga menanyakan data serapan gabah dari petani oleh Bulog.

Menurut Danrem, keterlibatan TNI dalam swasembada pangan adalah untuk ikut menyukseskan program ketahanan pangan yang sedang digencarkan pemerintah, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia melalui kesepakatan Kementerian Pertanian dengan TNI.

Apalagi, ujar Danrem lagi, dengan dibentuk Satuan Penugasan Penyerapan Gabah (Satgas Sergap) oleh TNI pada setiap wilayah jajaran Kodim di seluruh Indonesia, sehingga perlu dioptimalkan agar hasil yang diharapkan dapat lebih maksimal.

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar menambahkan, sejak didirikan Posko Sergap kerja sama Bulog dengan Kodim 0104/Aceh Timur, daya serap gabah di wilayah Aceh Timur dan sekitarnya mengalami peningkatan yang signifikan.

"Babinsa selalu memantau ke lapangan, sehingga mengurangi kesempatan para tengkulak untuk membeli gabah petani di bawah harga pasaran, serta petani lebih cenderung menjual gabahnya ke Bulog setempat," kata Dandim Aceh Timur itu lagi.

Bulog Sub-Divre Kota Langsa juga berharap kerja sama di bidang penyerapan gabah petani dapat terus berlanjut agar stok beras di Bulog setiap daerah dapat terpenuhi sehingga ancaman krisis pangan dapat dicegah.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017