Sebanyak 17 ekor sapi warga di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya mati diduga akibat disambar petir

Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri, di Aceh Jaya, Rabu, membenarkan bahwa terdapat 17 ekor sapi warga Ligan mati akibat disambar petir pada Selasa kemarin (30/4) sekitar pukul 18.00 WIB.

“Ada sebanyak 17 ekor sapi warga desa Ligan mati akibat tersambar petir pada sore hari,” kata Fajri.

Baca juga: Pola siklonik sebabkan petir dan hujan lebat di barat Aceh

Dirinya mengatakan, sesuai perkiraan cuaca, hingga beberapa hari ke depan Aceh Jaya bakal dilanda hujan petir. Karena itu, diharapkan kepada masyarakat untuk berhati-hati.

"Kepada warga untuk dapat selalu berhati-hati agar apalagi saat ini cuaca hujan petir," ujar Fajri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, T Mufizar menyampaikan, 17 ekor sapi mati disambar petir tersebut merupakan milik tiga warga, yaitu Hasbi sebanyak enam ekor, Suherman lima ekor dan milik Rusli enam ekor.

Dirinya berpesan agar masyarakat lebih waspada mengingat cuaca ekstrim yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, serta diharapkan kepada pemilik ternak untuk mengandangkan tepat waktu.

“Kepada pemilik ternak kami imbau harus menjaga ternaknya agar tepat waktu dikandangkan karena cuaca saat ini sedang tidak bersahabat,” katanya.

Dirinya menjelaskan, Pemda Aceh Jaya akan terus berupaya membantu untuk meringankan para petani ternak, apalagi ini juga masuk dalam kategori musibah.

"Informasi yang kami dapatkan ternak tersebut disambar petir saat hendak pulang ke kandangnya yang berada di area pedesaan," demikian T Mufizar.

Baca juga: Aceh diprakirakan hujan petir saat libur tahun baru

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024