Seorang warga di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya ditemukan meninggal dunia dalam kondisi tergantung di rumahnya. Kematian warga itu diduga akibat masalah utang.

Kepala Satuan Reskrim Polres Abdya AKP Erjan Dasmi di Blangpidie, Rabu, mengatakan kejadian seorang warga gantung diri tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Blangpidie. 

"Barang bukti berupa tali nilon dan kain sarung sudah kita mainkan untuk proses hukum lebih lanjut," kata Erjan.

Baca juga: Pemuda Aceh Tengah ditemukan tewas tergantung di pohon

Menurut laporan kronologis kejadian, kata Erjan, awalnya korban sedang bekerja di SPBU kawasan Keude Paya, Blangpidie. Lalu dipanggil pulang oleh istrinya karena ada seseorang yang menagih utang di rumahnya.

Tak lama setelah tiba di rumah, sekitar pukul 16.00 WIB, istri korban menemukan suaminya telah mengakhiri hidup dengan cara menggantung diri menggunakan selembar kain sarung dan tali ayunan yang terletak di dapur.

Usai melihat peristiwa itu, istri korban langsung menghubungi aparatur desa, dan langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) bersama warga dan menemukan korban sudah tidak bernyawa.

Kepolisian telah melakukan olah TKP, mendengar keterangan dari saksi-saksi, membawa jenazah untuk visum, dan menyerahkan mayat korban kepada keluarga dan mengamankan barang bukti berupa tali nilon dan kain sarung. 

Menurut Erjan, peristiwa ini diduga kuat akibat tekanan hutang yang ditagih oleh pihak koperasi. 

Namun, metode penagihan yang digunakan oleh koperasi tersebut tidak diketahui, hingga menyebabkan banyak warga yang berutang mengalami kesulitan.

Masyarakat setempat berharap agar pihak kepolisian dapat mengambil tindakan terhadap koperasi-koperasi yang memberikan pinjaman uang kepada masyarakat, yang dapat menimbulkan tekanan berlebihan sehingga berujung pada kematian.

Baca juga: Seorang petani di Aceh Selatan ditemukan tewas gantung diri

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024