Puluhan atlet panahan dari berbagai daerah di Aceh mengikuti seleksi untuk pemusatan latihan sebagai persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada September 2024.
 
"Seleksi diikuti 32 atlet hasil penjaringan Desember 2023. Dari 32 atlet tersebut dipilih delapan atlet terbaik untuk mengikuti pemusatan latihan sebagai persiapan PON XXI," kata Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Aceh Nyak Amir di Banda Aceh, Sabtu.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Nyak Amir didampingi jajaran Pengurus Provinsi Perpani Aceh ketika memantau pelaksanaan seleksi atlet panahan yang berlangsung di Lapangan Tugu, Kampus Darussalam, Kota Banda Aceh.
 
Menurut Nyak Amir, seleksi tersebut merupakan penjaringan akhir atlet untuk persiapan PON XXI, di mana Aceh menjadi tuan rumah cabang olahraga panahan. Venue atau arena cabang olahraga panahan dipusatkan di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh.
 
Pemusatan latihan cabang olahraga panahan untuk PON, kata Nyak Amir, diikuti 18 atlet, masing-masing tiga putra dan tiga putri untuk nomor atau divisi compound, tiga putra dan tiga putri untuk divisi recurve, serta tiga putra dan tiga putri divisi standar.
 
"Saat ini, pemusatan latihan sudah berlangsung sejak empat bulan lalu dan diikuti 10 atlet. Mereka adalah atlet penerima wild card, dipilih  berdasarkan penilaian dan prestasi sebelumnya. Sedangkan delapan atlet lagi dipilih dalam seleksi ini," katanya.
 
Nyak Amir mengatakan untuk pemusatan latihan atlet berikut akan berlangsung hingga Agustus 2024. Mereka akan dilatih sejumlah pelatih berpengalaman, di antaranya pernah melatih tim nasional 
 
"Kami merekrut pelatih lokal dari Aceh, tidak dari luar karena pertimbangan pendanaan serta nonteknis lainnya. Walau menggunakan jasa pelatih lokal, tetapi memiliki rekam jejak yang bagus, di antaranya pernah melatih tim nasional," kata Nyak Amir.

Baca juga: Pemko Banda Aceh lakukan persiapan sambut PON XXI

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024