Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh pada tahun anggaran 2024 mengalokasikan anggaran sebesar Rp38 miliar lebih untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada November mendatang.

“Pengalokasian anggaran ini sebagai dukungan penuh pemerintah daerah untuk suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di Nagan Raya,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, H Ardimartha kepada ANTARA di Suka Makmue, Selasa.

Ada pun rincian anggaran yang dialokasikan pada tahun ini dari total anggaran hibah pelaksanaan Pilkada 2024, diantaranya untuk KIP Nagan Raya sebesar Rp25 miliar lebih, untuk pengamanan Pilkada melalui Polres Nagan Raya Rp4,5 miliar.

Kemudian untuk Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya sebesar Rp7 miliar lebih, serta untuk dukungan pengamanan TNI melalui Kodim 0116 Nagan Raya sebesar Rp1,5 miliar.

Sekda Ardimartha menyebutkan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, selama ini sangat fokus membantu menyukseskan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024, dengan dukungan penganggaran pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan guna memilih calon kepala dan wakil kepala daerah.

Ardimartha menyebutkan dukungan alokasi dana hibah ini juga mengacu pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.9.1/435/SJ tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Pihaknya berharap dengan dukungan anggaran tersebut, pelaksanaan Pilkada serentak diharapkan dapat menyukseskan seluruh tahapan Pilkada tanpa ada kendala apa pun.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Nagan Raya, Aceh, Indra Herawan kepada ANTARA di Suka Makmue mengatakan hingga pekan kedua Mei 2024, pemerintah daerah telah menyalurkan dana hibah tersebut kepada Polres Nagan Raya sebesar Rp4,5 miliar lebih dan telah dilakukan penandatanganan naskah hibah antara pemerintah daerah dan Polres setempat.

Sedangkan untuk penyaluran dukungan anggaran untuk Panwaslih Nagan Raya sebesar Rp7 miliar, Kodim 0116 Nagan Raya sebesar Rp1,5 miliar dan KIP sebesar Rp25 miliar masih menunggu proses tahapan selanjutnya.

“Untuk alokasi ke Panwaslih Nagan Raya anggaran sudah ada, kami masih menunggu komisioner terpilih yang proses tahapan pemilihannya masih berjalan saat ini di DPRK Nagan Raya,” kata Indra Herawan.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya juga masih berkoordinasi dengan Kodim 0116 Nagan Raya terharap penyaluran dukungan pengamanan TNI dalam Pilkada di daerah ini, demikian Indra Herawan.

Baca juga: KIP Nagan Raya mulai rekrut 666 personel PPS, ini syarat dan jadwalnya

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024