Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pengelola Bandara Rembele Bener Meriah Provinsi Aceh merencanakan pembangunan terminal kargo mulai tahun  2018, dalam upaya melayani jasa angkutan transportasi udara di daerah setempat.

"Pembangunan terminal kargo akan dibangun pada tahun 2018 dan kami sudah merencanakan pembangunan fisik pada tahun tersebut," kata Humas Bandara Rembele, Bener Meriah, Iwan Mulya dihubungi di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan terminal cargo yang dibangun tersebut bertujuan mengangkut berbagai komoditi asal daerah Dataran Tinggi Gayo tersebut ke daerah lainnya dengan menggunakan transportasi udara.

"Terminal kargo yang kita bangun ini juga berfungsi nantinya sebagai gudang mitigasi bencana. Artinya jika terjadi bencana di daerah tersebut maka akan menjadi gudang penampungan logistik," katanya.

Menurut dia program tersebut telah diusulkan dan diharapkan dapat direaliasikan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan yakni pada tahun 2018.

Selanjutnya pada tahun 2019, setelah pembangunan fisik selesai maka akan dilanjutkan dengan penyiapan sarana dan prasarana pendukung guna mengoptimalkan terminal yang telah dibangun tersebut.

Pihaknya menargetkan pembangunan dan penyiapan sarana dan prasarana tersebut akan tuntas pada tahun 2019 dan selanjutnya dengan selesainya terminal kargo tersebut juga akan mengajak maskapai penerbangan untuk melayani pengiriman barang melalui bandara setempat.

"Kami juga mengajak peran serta Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan juga Kabupaten Aceh Tengah untuk mendorong kalangan usaha memanfaatkan terminal kargo tersebut untuk mengirim hasil pertanian melalui transportasi udara," katanya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017