PT Solusi Bangun Andalas (SBA) berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala (PSTP USK) memperkenalkan praktik tambang berkelanjutan kepada peserta International Summer School Program 2024.

“Program ini bertujuan memperkuat hubungan antar pemangku kepentingan pertambangan, meningkatkan kualitas pendidikan, menetapkan standar industri dan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan praktis para mahasiswa/i terhadap dunia industri pertambangan yang berkelanjutan,” kata General Manager PT SBA Mochamad Anwar Bakti di Lhoknga, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kontribusi nyata SBA dalam mendukung dunia pendidikan yang sejalan dengan salah satu pilar CSR Perusahaan yaitu SBA Cerdas.

Dalam kegiatan bertajuk “Acehnese Southwestern Coastal Harmony: Integrating Sustainability, Mining Innovation, Environmental Strategies, and Community Adventure” Tim SBA ikut mengajarkan langsung teknik pertambangan yang baik dan berkelanjutan yang sudah diterapkan di perusahaan itu.

Baca: SBA raih Proper Hijau dari Kementerian LHK

“Kami juga berbagi praktik terbaik dari pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang Perusahaan jalankan sebagai pengalaman yang luar biasa dan berkesan bagi seluruh peserta serta semoga seluruh ilmu yang telah didapatkan dapat bermanfaat dalam penyelesaian pendidikan mereka di USK maupun USM,” katanya.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara PSTP USK dengan Department Mineral Resources Engineering Universiti Sains Malaysia (DMRE USM), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) DPW Aceh dan Kantor Urusan International (KUI) USK.

Dosen Pusat Pengajian Kejuruteraan Bahan dan Sumber Mineral Universiti Sains Malaysia Prof Madya Ir. Dr. Syed Fuad bin Saiyid Hashim mengatakan pihaknya mengapresiasi kontribusi SBA dalam menjalankan praktik pertambangan yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta dapat melihat langsung area konservasi karst Gua Weung Dalam, area reklamasi pasca tambang dan lokasi penanaman ribuan pohon mangrove yang telah ditanam SBA.

Para peserta juga diajak untuk memberikan sosialisasi praktik pertambangan yang baik di SMK 1 Lhoknga dan SMA 1 Leupung, dilanjutkan dengan diskusi bersama masyarakat di sekitar Perusahaan.

Baca: SBA santuni 100 anak yatim di Aceh Ramadhan Festival 2024

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024